APA SIH WEB?
Hai ... Broo...& Sista.....
Saya dapet tugas lagi nih disuruh nyari materi segala hal yang berbau tentang dunia WEB.
Nah saya udah dapet materinya niih sekrang saya mau ungah di nlog ini,nah semoga postingan saya membantu dan menambah informasi kalian tentang WEB.
Saya dapet tugas lagi nih disuruh nyari materi segala hal yang berbau tentang dunia WEB.
Nah saya udah dapet materinya niih sekrang saya mau ungah di nlog ini,nah semoga postingan saya membantu dan menambah informasi kalian tentang WEB.
Definisi Web Science
Web Science merupakan sebuah ilmu desentralisasi sistem informasi. Web
Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan
terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
Web Science merupakan inovasi baru yang
diciptakan oleh seorang bernama Tim Berners-Lee yang mensupport dari berdirinya
cabang ilmu ini. Tim Berners-Lee juga seorang penemu World Wide Web. Web
Science yang dalam bahasa Indonesia berarti jaringan pengetahuan atau dapat
diartikan bahwa suatu web yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan didalamnya
dan menjadikan wadah / tempat terdapatnya ilmu pengetahuan tersebut. Web
science juga dapat melakukan penelitian lintas disiplin dan menjelajah ke
berbagai bidang yang sangat khusus di dalam disiplin ilmu.Dalam definisi di jelasakan bahwa web
science dapat menyediakan berbagai ilmu pengetahuan, tentunya dalam ilmu
pengetahuan terdapat berbagai macam kegunaan diantaranya adalah sebagai berikut
:
Web science memiliki berbagai macam kegunaan, seperti halnya :
1. Dapat mencari artikel yang berdampak tinggi dan prosiding konferensi.
2. Dapat menemukan hasil yang relevan dalam bidang-bidang terkait.
3. Dapat mengidentifikasi potensi kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.
4. Dapat mengintegrasikan, mencari, menulis, dan bibliografi penciptaan
menjadi satu proses yang efisien.
Sejarah
Web Science
Web sekarang ini telah berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh
Tim Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa,
Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah
system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:
1. Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai
jenis dokumen dan protokol.
2. Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus
dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
3. Antarmuka yang konsisten untuk semua platform.
Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat digunakan oleh berbagai jenis
komputer.
Perkembangan selanjutnya dari konsep Berners-Lee ini melahirkan Mosaic, sebuah
web browser grafis yang pertama. Web memiliki banyak kemungkinan hubungan antar
dokumen tanpa awal dan akhir.
Dalam situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web
umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk
menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP
yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache
HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Pre-Web: Memex, Hypertext, Internet, usenet, ftp,
gopher
Memory Extender (MEMEX)
Vannevar Bush (11 Maret, 8190 – 30 Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan
ilmuwan berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang
kompetisi analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya
tentang Memex, yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya
teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari “memory extender”) , adalah
nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia
usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The
Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks
yang saat ini telah ada.
Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan internet,
namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God Father World
Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul
AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang
disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia dengan memungkinkan pengguna
dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut
sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal saat ini ysitu hypertext.
Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam
informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari
layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar
sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke
item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang
tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang
menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex
sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.Mengingat memex,
sarjana bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam
berlembar-lembar informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat
untuk menciptakan pengetahuan namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat
digunakan terhadap pekerjaan ini The memex telah dibayangkan. sebagai sarana
mengubah ledakan informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah
satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi
catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang
sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor
baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat
ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush
jika link tidak harus secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti
link hanya dengan menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk
menciptakan AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian
besar dari Web.
HyperText
Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola ) antarmuka untuk
menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain, menurut definisi
awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang artinya bercabang
atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan dalam dunia
komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.
Markup language merupakan kombinasi antara text dan informasi tambahan
mengenai text. Informasi tambahan tersebut, misalnya struktur teks atau bentuk tampilan
yangt diekspresikan dalam bentuk markup (tanda) yang menyatu dengan text utama.
Markup language paling modern yang digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext
markup language ) yang merupakan salah satu basis dari World Wide Web.
Hypertext Markup Language adalah markup language yang dirancang untuk pembuatan
halaman web yang mengandung hypertext dan informasi lain yang akan ditayangkan
oleh browser. HTML digunakan untuk membuat informasi terstruktur, mudah
dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standart bahasa yang digunakan untuk
mengatur format tampilan document web, menambahkan object-object seperti image,
audio, video dan juga java applet dalam dokumen HTML, mendukung hyperlink antar
dokumen. Dokumen HTML dapat diakses oleh browser berdasarkan urlnya, yaitu
sebuah spesifikasi standar untuk menunjukan lokasi suatu resource diinternet
yang disebutkan pada browser.
Internet
Merupakan (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah
adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung
menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran
pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem
komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai
protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian
internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan
kaedah ini dinamakan internetworking.
USENET
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan tertua yang
dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan
dikembangkan pada Duke University dan North Carolia University setahun
kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text
message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET telah
tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah
puluhan ribu node yang terhubung.
FTP
Protokol pengiriman berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah
sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan
standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah
Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan,
dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan
penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah
FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service
atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons
perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan
untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII,
menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server
FTP.
Gopher
Merupakan protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World
Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
– Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama
yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja
dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi
pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki
sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis
ini.
– Web 2.0
Web 2.0 pertama kali diperkenalkan oleh
O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang
mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim
O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi
bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai
platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk
mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama
adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan
lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web
seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi
Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.
– Web 3.0 / Semantic Web
Walaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah
Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat
ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband
secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat
on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan
teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer
mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi
yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang
sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan
di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang
dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software
agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu
mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah
[Tim01]. Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar
yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling
penting dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan
SPARQL.
Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi Web Science
Dewasa ini pertumbuhan sosial dan ekonomi web science tumbuh semakin cepat
dan juga sangat mempengaruhi keadaan sosial dan ekonomi dari penggunaan web
science.
Dalam pertumbuhan sosial dan ekonomi dari web science mungkin sedikit
banyak mempengaruhi dan dapat berdampak positif maupun negatif. Berikut ini
akan saya paparkan sedikit mengenai dampak dari pertumbuhan sosial dan ekonomi
web science:
·
Dampak positif teknologi di
bidang sosial
<> Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang
berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang
memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam
dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya
merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
<> Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara
Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah
meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan
semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa
Asia.
<> Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai
konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan
pekerja keras.
Sementara dampak negatif yang diberikan terhadap dibidang sosial adalah :
1. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan
remaja dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu
menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan
sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam
rohani”.
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti
gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan
sentripetal yang berperan penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya
bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan
pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian,
corat-coret,pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada
kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi
keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah membuka peluang bagi
siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program internet relay chatting
(IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya
sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet memberipeluang kepada banyak
orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet. Kini semakin banyak
orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui
program internet relay chatting (IRC) anak-anakbisa asyik mengobrol dengan
teman dan orang asing kapan saja.
·
Dampak teknologi komputer
di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan
teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2.Terjadinya industrialisasi.
3.Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
4.Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu
menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan
teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan
kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya,
pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja
yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan
kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk
kedokteran menjadi komoditi.
Dalam bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin
pencari memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan
tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan
pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat
dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam
dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di
internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll. Kemajuan
teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari
aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan
reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin
meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan
teknologi di dunia industri akan semakin penting.
Memandang positif dan negatif kemajuan
teknologi, bagi kemaslahan bangsa dan umat islam khususnya. Adalah control
secara internal mulai dari keluarga untuk mengenalakan dan mengawasi anak didik
dari dampak negatif itu sendiri, dan pemerintah khususnya badan-badan yang
bewenang menangani untuk mengambil langkah tepat untuk mengurangi dampak dari
kemajuan sisi buruk teknologi itu sendiri. kian pesatnya kemajuan teknologi
jangan kita jadikan hantu boomerang untuk kita tidak berani terbuka dan maju.peran penting bangsa elemen-elemen
pemerintah, masyarakat dan keluarga adalah payung untuk menghindari dan
mengurangi dampak negatif media itu sendiri.
Dampak Positif Dan Negatif Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia
Pengaruh globalisasi dengan dukungan teknologi informasi seperti pedang
bermata dua disatu sisi kita tidak dapat menyangkal manfaat dan ancaman yang
dibawanya, jadi manfaat disebut juga pengaruh positif dan ancaman disebut
pengaruh negatif.
(+) Positif
Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan adanya Teknologi Informasi
adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan
efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan
biaya. Sebagai contoh manifestasi Teknologi Informasi yang mudah dilihat di
sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena
kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat
ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah
besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database),
dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan
masih banyak lagi.
(-) Negatif
Sedangkan pengaruh negatif yang bisa muncul karena adanya Teknologi
Informasi misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas
memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk
luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi
rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri.
Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala
berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia dan
penipuan serta pembobolan keuangan melalui media elektronis juga akibat dari
kegiatan ekonomi yang semakin mudah.
1. Pengaruh teknologi informasi tidak mungkin kita tolak atau hindari,
sebaiknya kita harus dapat memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat
tetapi disisi lain kita juga harus berhati-hati dan bersikap bijak agar dampak
negatif yang menyertainya dapat kita hilangkan atau paling tidak kita
minimalisir.
2. Mengenalkan teknologi informasi sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan
pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.
3. Meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap berbagai
informasi yang membanjir, sehingga masyarakat semakin kritis dan dewasa dalam
menyikapinya.
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science itu terdiri atas dua kata yaitu web dan science yang maksudnya
adalah :
Web yang berarti jaringan atau suatu sistem di internet yang memungkinkan
siapapun agar bisa menyediakan atau menampilkan informasi data teks, data
gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari
semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu
rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Dengan menggunakan teknologi tersebut,
informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin.
Sedangkan Science berarti ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang
benar, mempunyai obyek dan tujuan, disusun secara sistematik, berkembang dengan
metode ilmiah,dan berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya
(diverifikasi).
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke
ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada
metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling
sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly,
2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap
minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data
empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar